“Kunci dari berkarya adalah berproses. Kunci dari berkarya adalah bertumbuh. Lu ga akan bikin sesuatu yang keren kalo lu ga bikin yang alay, yang jelek. Mulai dulu aja lalu buat yang lebih baik.”

Kata-kata ini disampaikan oleh Pandji Pragiwaksono dalam rangkaian Stand Up Comedy World Tour-nya yang bertajuk “Juru Bicara” di The Kasablanka Hall Jakarta 10 Desember 2016 lalu. Jakarta adalah kota terakhir dari 24 kota di 5 benua yang disambangi Pandji dalam tur dunia-nya.

“Juru Bicara” ini kalau ga salah adalah Special Show Stand Up Comedy-nya Pandji yang ke-empat setelah Bhinneka Tunggal Tawa (BTT), Merdeka Dalam Bercanda (MDB), dan Messake Bangsaku World Tour (MBWT). Saya ngikutin semua special shownya Pandji ya walaupun Bhinneka Tunggal Tawa dan Merdeka Dalam Bercanda hanya lihat cuplikannya di youtube channelnya Pandji. Tapi terlihat betul perkembangan materi yang dibawakan Pandji, waktu BTT materinya banyak yang receh-receh tapi ya tetep lucu. Belum lagi penampilannya pake kaos dan jas yang digulung setinggi siku terus sering melorot dan akhirnya ditarik-tarik terus. Sumpah risih banget. Haha peace Mas 😀

Lanjut ke MDB, materinya makin mateng dan ngebahas hal-hal serius juga isu-isu terkini. MBWT makin serius dan berat lagi materinya, dan puncaknya Juru Bicara yang materinya lebih lebih berat dan mungkin ‘berbahaya’. Dari rating, ganja medis, berkarya, sensor, pendidikan, konservasi alam, edukasi sex, legalisasi prostitusi, radikalisme, sampe masalah HAM. Cuplikan videonya bisa ditonton di sini.

Tapi bagi Pandji materi-materi berat tadi bisa disulap jadi sesuatu yang ga tabu lagi buat didiskusiin dan LUCU. Asli lucu banget. Banget. Sakti lu Mas!

Ini membuktikan bahwa kata-kata Pandji memang benar adanya. Kunci dari berkarya itu bertumbuh. Untuk bisa bikin sesuatu yang bagus ya pasti bakal melewati proses bikin sesuatu yang jelek dulu. Ga mungkin ujug-ujug langsung bikin bagus.

Materi tentang berkarya ini adalah materi yang paling nempel di otak saya hingga saat ini. Hampir setiap malam sebelum tidur saya merenung, udah punya karya apa ya selama ini? Kok sepertinya gak ada kecuali satu-satunya karya ilmiah hasil 4,5 tahun kuliah S1, yak SKRIPSI :’) Ya ampun usia 23 tahun dan belum punya karya apa-apa! Ngapain aja saya selama ini -_-

Bikin apa yak bikin apa yak? Tiap hari bingung terus ga maju-maju. Saya ini sebenernya orang yang pemikir dan penuh kegelisahan. Tiap lihat sesuatu atau baru belajar sesuatu, dipikir terus, digelisahin terus. Hari ini dipikir, digelisahin, besok menguap begitu saja. Ya gak akan jadi apa-apa juga sebenernya kalau cuma dipikirin. Ya mentok-mentok ditulis di media sosial atau notes hp. Ya tetep ga jadi apa-apa juga kecuali dibaca sekali-kali aja. Kenapa ga ditulis atau dibuat sesuatu gitu? *ngomong depan cermin*

Males. Karena takut. Takut apa yang saya tulis nantinya jelek. Ga sebagus tulisan orang-orang. Ya padahal siapa juga sih yang mau baca? :’D Jadi inget lagi kata Mas Pandji “Lu ga akan punya karya yang keren kalo lu ga mulai bikin yang alay, yang jelek.”

Mulai dulu aja lalu buat yang lebih baik.

Ya, maka dari itu hari ini saya coba kumpulkan niat untuk bikin sesuatu. Coba untuk nulis. Coba belajar untuk nuangin apa yang ada di kepala ke dalam bentuk tulisan. Sesuatu yang saya pikir paling mudah buat saya untuk dilakuin. Laptop ada, hp ada tinggal niat dan eksekusi aja. Tapi ya pasti tulisan-tulisan awal di blog ini bakalan alay, jelek, receh, ‘apaan sih’. Tapi ya bodo amat lah ya. Semoga bisa istiqomah. Semoga bisa bikin tulisan yang manfaat.

Ntah besok-besok mau buat karya dalam bentuk apaan. Yang penting, mulai dulu aja nanti buat yang lebih baik.

Sambil diiringi lagu hiphop Pandji Pragiwaksono – Menoleh yang nyinggung tentang berkarya juga.

“…wahai pemuda betapa gagah dan cantiknya tapi di balik keindahannya tersimpan keraguan untuk berkarya takut gagal katanya untuk apa merdeka, untuk apa nyawa mereka pahlawan kita kalau anak cucunya terkekang oleh pikiran mereka betapa malunya…”

Terima kasih Mas Pandji!

Sama Pandji

3 thoughts on “Mulai Dulu Aja Lalu Buat Yang Lebih Baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s